A. Latar
Belakang Historis MTs Raudlatul Ulum
MTs Raudlatul Ulum didirikan oleh salah seorang tokoh terkemuka dikalangan masyarakat Bojong Baru yaitu dan kawan-kawannya pada tahun 1986 di Kp. Gunung Asem Desa Kepuh Kecamatan Ciwandan Kabupaten Serang pada saat itu, dengan izin pendirian sekolah dari Kakanwil Depag Jawa Barat, No. 156/121/07/R. 86. MTs Raudlatul Ulum didirikan dengan hasil musyawarah yang dilakukan oleh Bapak Drs. KH. A. Mabsuti, MC bersama tokoh Agama, kesepuhan masyarakat Randakari-Kepuh dan dilatar belakangi oleh keinginan mulia Bapak Drs. KH. Ahmad Mabsuti, MC untuk membantu manyediakan lembaga pendidikan formal bagi masyarakat usia belajar di lingkungan tersebut, yang tidak mampu untuk bersekolah di tempat yang jauh dengan alasan biaya, juga keinginan untuk menciptakan masyarakat yang berilmu, beramal shalih dan bertaqwa kepada Allah, cinta agama, bangsa dan juga negara. Pada mulanya para pelajar berasal dari santri pondok pesantren Al-Mu’tiyah Cirubuh Randakari dan masyarakat Kepuh, namun sejalan dengan perjalanan waktu dan perkembangan Madrasah dari tahun ke tahun, siswa/siswi tidak hanya berasal dari lingkungan Madrasah tersebut, namun juga berasal dari luar wilayah Kepuh.
MTs Raudlatul Ulum didirikan oleh salah seorang tokoh terkemuka dikalangan masyarakat Bojong Baru yaitu dan kawan-kawannya pada tahun 1986 di Kp. Gunung Asem Desa Kepuh Kecamatan Ciwandan Kabupaten Serang pada saat itu, dengan izin pendirian sekolah dari Kakanwil Depag Jawa Barat, No. 156/121/07/R. 86. MTs Raudlatul Ulum didirikan dengan hasil musyawarah yang dilakukan oleh Bapak Drs. KH. A. Mabsuti, MC bersama tokoh Agama, kesepuhan masyarakat Randakari-Kepuh dan dilatar belakangi oleh keinginan mulia Bapak Drs. KH. Ahmad Mabsuti, MC untuk membantu manyediakan lembaga pendidikan formal bagi masyarakat usia belajar di lingkungan tersebut, yang tidak mampu untuk bersekolah di tempat yang jauh dengan alasan biaya, juga keinginan untuk menciptakan masyarakat yang berilmu, beramal shalih dan bertaqwa kepada Allah, cinta agama, bangsa dan juga negara. Pada mulanya para pelajar berasal dari santri pondok pesantren Al-Mu’tiyah Cirubuh Randakari dan masyarakat Kepuh, namun sejalan dengan perjalanan waktu dan perkembangan Madrasah dari tahun ke tahun, siswa/siswi tidak hanya berasal dari lingkungan Madrasah tersebut, namun juga berasal dari luar wilayah Kepuh.
Proses belajar
mengajar MTs Raudlatul Ulum pada awal berdiri dilakukan di gedung Madrasah
Diniyah Raudlatul Ulum Gunung Asem, dengan demikian status MTs Raudlatul Ulum
pada saat itu masih menumpang. Kemudian pada tahun 1997 kegiatan Proses Belajar
Mengajar berpindah ke gedung milik sendiri yang di bangun di atas tanah wakaf
Bapak H. Sabrawi dan H. Mujib seluas + 1500 M2 yang terletak di Kali Sak-sak
Kidulen Kelurahan Kepuh Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon.
Kemudian Pada tahun tahun 2009 kegiatan Proses Belajar Mengajar berpindah lagi ke gedung milik sendiri serta di bangun diatas tanah milik sendiri yang terletak di lingkungan Bojong Baru Kelurahan Randakarai Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon hingga sekarang. Selanjutnya MTs Raudlatul Ulum terakreditasi di Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Banten dengan SK Kepala Kanwil Depag Provinsi Banten Nomor : 14/MTs/IV/kpt/1991, dan mulai berstatus diakui sejak keluarnya SK. Akreditasi No : WI / I / PP. 032/221/1996.
B. Letak Geografis MTs Raudlatul Ulum
Kemudian Pada tahun tahun 2009 kegiatan Proses Belajar Mengajar berpindah lagi ke gedung milik sendiri serta di bangun diatas tanah milik sendiri yang terletak di lingkungan Bojong Baru Kelurahan Randakarai Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon hingga sekarang. Selanjutnya MTs Raudlatul Ulum terakreditasi di Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Banten dengan SK Kepala Kanwil Depag Provinsi Banten Nomor : 14/MTs/IV/kpt/1991, dan mulai berstatus diakui sejak keluarnya SK. Akreditasi No : WI / I / PP. 032/221/1996.
B. Letak Geografis MTs Raudlatul Ulum
MTs Raudlatul Ulum Kali Sak-sak Ciwandan berlokasi di Jl. Sunan
Demak Kali Sak-sak Desa Kepuh Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon Provinsi Banten
dengan batas-batas sebagai berikut :
- Sebelah barat berbatasan dengan kampung Sak-sak Masigit
- Sebelah utara berbatasan dengan Kp. Sak-sak Jambu
- Sebelah timur berbatasan dengan SDN Bojong Baru
- Sebelah selatan berbatasan dengan SDN Kepuh
C. Visi, Misi dan Tujuan MTs Raudlatul Ulum Kali Sak-sak
Lembaga pendidikan Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum Kali Sak-sak Ciwandan mempunyai Visi dan Misi sebagai berikut:
1. Visi :
Mencetak sumber daya manusia yang cerdas, terampil, berkualitas, beriman, bertakwa serta berakhlakul karimah sesuai dengan tuntunan Islam.
2. Misi :
Lembaga pendidikan Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum Kali Sak-sak Ciwandan mempunyai Visi dan Misi sebagai berikut:
1. Visi :
Mencetak sumber daya manusia yang cerdas, terampil, berkualitas, beriman, bertakwa serta berakhlakul karimah sesuai dengan tuntunan Islam.
2. Misi :
- Mendidik siswa agar menjadi manusia yang berkualitas melalui kegiatan intra dan ekstra kurikuler
- Melatih siswa bersikap mandiri, cerdas, dan terampil serta bertanggung jawab
- Membekali siswa dengan Ilmu-ilmu agama dan pendidikan akhlak agar menjadi manusia yang bermoral.
Adapun Tujuan lembaga pendidikan Madrasah Tsanawiyah
Raudlatul Ulum adalah sebagai berikut :
- Menciptakan siswa-siswi yang cerdas dan terampil
- Mencetak siswa-siswi yang memiliki sifat mulia dan berakhlakul karimah.
- Memberikan motivasi kepada masyarakat untuk mendukung dan mencintai pendidikan
- Menyiapkan generasi yang berwawasan luas disertai iman dan taqwa
- Ikut serta membantu program pemerintah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.
Adapun tujuan lembaga pendidikan Madrasah Tsanawiyah
sebagaimana tercantum dalam Kurikulum Madrasah Tsanawiyah (1998 : 1) yaitu :
- Mendidik para siswa untuk menjadi manusia bertaqwa, berakhlak mulia, sebagai muslim yang menghayati dan mengamalkan ajaran agamanya.
- Mendidik para siswa untuk menjadi manusia pembangunan sebagai warga negara indonesia yang berpedoman kepada pancasila dan undang-undang dasar 1945.
- Memberi bekal kemampuan yang diperlukan sebagai siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke Madrasah Aliyah atau Sekolah Menengah Tingkat Atas.
- Memberi bekal kemampuan yang diperlukan sebagai siswa yang akan memasuki bidang kehidupan di masyarakat.
Agar tujuan
madrasah itu tercapai, maka perlu didukung oleh kegiatan-kegiatan kurikulum.
Kegiatan kurikulum/pengajaran yang terdiri atas kegiatan intrakurikuler,
kokurikuler dan ekstrakurikuler. Ketiga kegiatan tersebut merupakan merupakan
hal yang tidak dapat dipisahkan dari upaya pencapaian tujuan pendidikan secara
keseluruhan.
3.
Kurikulum MTs Raudlatul Ulum
Kurikulum
adalah sejumlah program yang dijadikan pedoman kegiatan pembelajaran untuk
mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan melalui akumulasi sejumlah
pengetahuan, keterampilan dan sikap. Program dimaksud memuat tujuan, isi dan
bahan pelajaran serta tata cara yang digunakan sebagai pedoman dalam setiap
kegiatan pembelajaran.
Dalam
Undang-Undang No. 20 Pasal 1 ayat 19 tahun 2003 dinyatakan bahwa” kurikulum
adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan
pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu”
Sedangkan menurut UU No 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, pasal
37, dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan pasal 6 ayat (1)
menyatakan bahwa kurikulum
pendidikan dasar dan menengah terdiri atas :
1. Kelompok
mata pelajaran Agama dan Akhlaq Mulia
2. Kelompok
mata pelajaran kewarganegaraan & Kepribadian
3. Kelompok
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
4. Kelompok
Mata Pelajaran Estetika
5. Kelompok
pelajaran jasmasi olah raga dan Kesehatan
Kurikulum yang dipakai di Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum mengacu pada kurikulum Depag dengan model kurikulum 2004 dan mulai menerapkan kurikulum KTSP.
Kurikulum yang dipakai di Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum mengacu pada kurikulum Depag dengan model kurikulum 2004 dan mulai menerapkan kurikulum KTSP.
E. Keadaan
Guru dan Karyawan MTs Raudlatul Ulum
Guru adalah orang yang memiliki peranan yang
penting dalam dunia pendidikan. Keberhasilan suatu proses pendidikan sebagian
berada di tangan guru. Guru merupakan suatu profesi atau pekerjaan yang
tugasnya adalah mendidik, melatih, dan mengajar. Untuk membantu tugasnya itu, seseorang yang berprofesi sebagai guru
memerlukan keahlian khusus sebagai guru. Keahlian-keahlian sebagai seorang guru
dapat diperoleh melalui pendidikan khusus keguruan, agar tugas yang dijalankan
lancar dan tujuan pendidikan tercapai dengan baik.
Pada umumnya guru yang ada di MTs Raudlatul
Ulum Kali Sak-sak adalah lulusan
Fakultas Tarbiyah atau Jurusan Keguruan. Hal ini akan sangat membantu bagi
keberhasilan proses pendidikan. Tenaga guru dan karyawan di MTs RU ini
H. Kegiatan Belajar Mengajar MTs
Raudlatul Ulum
Proses Kegiatan Belajar Mengajar di MTs
Raudlatul Ulum dilaksanakan pada pagi
hari, dimulai pada jam 07.15 WIB sampai dengan jam 13.00 WIB, kecuali pada hari
Jum’at kegiatan belajar mengajar dimulai dari jam 07.15 sampai dengan jam 11.00
WIB. Selain itu Madrasah juga mengadakan kegiatan ekstra kurikuler yaitu
latihan kepramukaan dan bimbingan belajar, yang dilaksanakan pada sore hari
atau di luar jam kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar